Pendidikan Sejarah
Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah bertujuan (1) membina mahasiswa untuk menjadi pendidik, baik sebagai guru sejarah di tingkat SLTA dan guru IPS di tingkat SLTP yang profesional, berbudaya dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana, serta memiliki kompetensi alternatif nonkeguruan yang gayut dengan bidang keilmuannya, seperti menjadi pemandu pariwisata sejarah, peneliti, pengembang media, arsiparis, serta sebagai jurnalis kesejarahan; (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi yang berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan Sejarah; (3) mengembangkan model pendidikan sejarah yang berakar pada nilai-nilai budaya dalam menghadapi persaingan global; (4) mengembangkan budaya akademik dan penelitian yang berkualitas pada seluruh civitas akademika di lingkungan Program Studi Pendidikan Sejarah; (5) melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membantu memecahkan berbagai masalah sosial di masyarakat
Visi
SEBAGAI PUSAT KAJIAN PEMBELAJARAN SEJARAH YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF BERLANDASKAN TRI HITA KARANA TAHUN 2030
Misi
- Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran dalam Bidang Pendidikan Sejarah berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan berlandaskan Tri Hita Karana
- Mengembangkan penelitian dalam bidang Pendidikan Sejarah yang berbasis IPTEKS berlandaskan Tri Hita Karana
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Sejarah untuk kesejahteraan bersama berlandaskan Tri Hita Karana
- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di bidang Pendidikan Sejarah untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi berlandaskan Tri Hita Karana
Tujuan
- Menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang berkarakter Tri Hita Karana
- Menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang mempunyai wawasan kesejarahaan untuk menanamkan nilai-nilai Tri Hita Karana
- Menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang cakap mengembangkan model pembelajaran sejarah, media pembelajaran dan alat evaluasi pembelajaran sejarah
- Menghasilkan dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan sejarah, sosial dan budaya berlandaskan Tri Hita karana
- Mewujudkan dan mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah, sosial dan budaya berbasis IPTEK berdasarkan Tri Hita Karana
- Menghasilkan berbagai jaringan kerjasama dalam rangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran sejarah
https://mahadewa.ac.id/status-akreditasi/
No. | Nama Tenaga Pengajar di Prodi Pendidikan Sejarah |
1. | Drs. Dewa Made Alit, M.Pd. |
2. | Dra. Ni Luh Putu Tejawati, M.Si. |
3. | Drs. Riwanto, M.Si. |
4. | Dra. Ni Ketut Purawati, M.Si. |
5. | Drs. I Wayan Suana, M.Pd. |
6. | Drs. I Nyoman Kartikayasa, M.Ag. |
7. | Ni Putu Yuniarika Parwati, S.Pd.,M.Pd. |
8. | I Nyoman Bayu Pramartha, S.Pd.,M.Pd. |
Peranan Laboratorium sejarah bagi pembelajaran sejarah sangat diperlukan untuk menunjang hasil belajar sejarah yang maksimal. Laboratorium Sejarah merupakan sebuah model replika dari hal-hal yang terkait masa lampau yang ada di dunia ini sehingga fungsi dari laboratorium pun semakin banyak antara lain dapat dijadikan sebagai kelas praktikum, kelas belajar, museum, dan display